Tips Berkarya dan Berkreasi di Masa Pandemi

Jadi, sesungguhnya saya masih bingung menentukan judul yang tepat untuk topik yang akan saya tulis ini ahahaha. Ceritanya kemarin saya ikutan IG Live #AyoMajuBersama yang digagas oleh Home Credit Indonesia di Instagram nya @homecreditid

Dalam IG Live Funtalk tersebut, ada Erix Soekamti yang sharing mengenai cara berkreasi atau gali kreativitas selama pandemi ini. Tentunya kreasi yang terkait musik karena beliau datang dari dunia musik.

Jujur, Funtalk kemarin sangat inspiratif bagi saya sehingga saya ingin berbagi dengan menuliskannya di sini. Jadi, bagaimana cara berkreasi di masa pandemi menurut Erix Soekamti? Yuk bahas satu-satu!

1. Kreativitas Muncul dari Keterbatasan

Alih-alih mengeluh, jadikan masa pandemi ini sebagai ladang kreativitas. Menurut Erix, kreativitas lahir dari keterbatasan. Saat pandemi seperti ini, musisi dan pekerja seni pasti kena efeknya. Namun sebenarnya, pandemi seperti ini adalah waktu yang tepat untuk keluar dari zona aman.

Salah satu hal yang digagas Erix saat pandemi ini adalah konser akustik Endank Soekamti pada tanggal 25 September yang full dilakukan secara digital. Erix mengaku ini adalah pertama kalinya Endank Soekamti menyajikan musik secara akustik.

Saya sangat setuju dengan pendapat bahwa pandemi bisa menjadi ladang kreativitas. Dengan banyaknya waktu di rumah, seharusnya kesempatan untuk berkarya juga semakin banyak.

Ini saya buktikan dengan belajar hal-hal baru yang sangat seru. Ikut kelas online, ngulik-ngulik aplikasi edit foto dan video, serta menyalurkan hobi yang tak sempat dilakukan sebelum pandemi.

2. Manfaatkan Potensi Dalam Diri

Untuk berkreasi, tidak perlu melihat jauh-jauh. Lihatlah diri kita, maksimalkan potensi diri kita yang mungkin masih terpendam karena tidak digali.

Erix Soekamti mengatakan bahwa ide akan terealisasi dengan baik jika kita memiliki potensi. Saatnya eksplor kemampuan diri. Gali lebih dalam hal yang menjadi minat dan bakat kita.

Potensi diri ini juga bisa “menghasilkan” lho. Caranya? Cari solusi dari permasalahan banyak orang dan kaitkan dengan potensi yang kita punya.

Erix mencontohkan dengan menjual mic yang banyak dibutuhkan oleh orang yang baru belajar membuat video atau berkarya di dunia musik. Beliau masuk dari passion dan potensi yang dia punya hingga akhirnya menjual produk yang menurutnya merupakan SOLUSI dari permasalahan banyak orang.

3. Berkarya dari Hati

Selain harus berdasarkan passion, berkarya juga semestinya berasal dari hati. Di bidang musik, Erix mengaku bahwa passion musiknya mengikuti minat.

Baginya, musik seperti cinta dan kebutuhan. Saat membuat lagu, hal yang pertama dipikirkan adalah kepuasan diri sendiri. Karena musik yang dibuat dengan hati, akan lebih menggugah para pendengarnya.

Satu kalimat favorit saya saat Funtalk kemarin adalah “Berkarya dengan hati akan sampai ke hati juga.”

4. Just Do It

The last but not least adalah… JUST DO IT! Iya, langsung mulai berkarya saja. Terlalu banyak rencana kadang membuat kita stuck karena berbagai ketakutan yang muncul.

Ini saya juga setuju banget sih. Sebagai mantan perfeksionis, saya tau benar bahwa sangat sulit melangkah jika sesuatu belum disiapkan secara matang. Tapi… Mau sampai kapan begitu terus?

“Memulai sedikit lebih baik dibanding tidak memulai sama sekali”

Jadi semakin semangat berkarya setelah nonton IG Live bareng Home Credit Indonesia ini 💪

Gak sabar ikutan Funtalk berikutnya yang akan LIVE di IG @homecreditid yuk ikutan nonton juga! Ssttt, ada banyak kuis yang berhadiah voucher belanja menarik lho. Kemarin saya kebetulan menang salah satu kuis tebak lagu. Uhuy! Seruuu, wajib banget ikutan yuk yuk pantengin IG nya.

Sekian buah kreasi saya setelah menonton IG live berfaedah tersebut. See you on the next post! 🙂

Baca Juga : Ide Usaha Ibu Rumah Tangga Saat Pandemi

Recommended Articles

37 Comments

  1. Keterbatasan bukan alasan utk ga bisa maju ya. Cakep bener deh motivasinya Mas Erix

    1. Iya bener. Justru jadi kreatif ya, mantep 👍

      1. Ho oh betul.. Dan pastinya sstiap orang pasti punya keterbatasan

  2. Menginspirasi dan memotivasi banget nih mba…jangan nyerah ama pandemi gitu ya. Ah semoga bisa tetep produktif ya sambil nunggu pandemi sirna.

  3. terimakasih kaka ku tulisan mu amat sangat mengisnpirasi , masa pandemic seperti ini kita memang memerlukan banyak asupan pengetahuan seperti ini lho , tips tips keren kaya kaka ini

  4. Kreatifitas muncul dari keterbatasan. Yups. Jangan karena keterbatasan malah mati kutu. Sebaliknya, harus berpikir lebih maju mendobrak sekat tersebut.

  5. Berkarya dari hati, pasti. Hehe. Memunculkan potensi emang hal penting. Apalagi sebagai seorang perempuan patinya punya sesuatu hal yang bisa di eksplore lagi dan lagi ya,

    1. Setuju banget, Kak Niken 😉

  6. Bener mbaa, salah satunya harus dari hati 😂 kalo ngga ya susah jalannn. Semangat menulis mbaa.

    1. Makasiii udah visit mbak. Semangat juga 💪😍

  7. Wahh, bener banget melakukan sesuatu harus dari hati. Terimakasih ka

    1. Makasih udah visit kak 🙏

  8. Wahh, bener banget melakukan sesuatu harus dari hati. Terimakasih ka

  9. Funtalknya seru banget. Tipsnya juga bagus2.

  10. Bener, selama pandemi ini harus tetep berkarya ya. Malah harus dimanfaatkan sebaik mungkin

  11. eh ada endang soekamti, salfok akutu, hihi..

    tim rebahan wajib baca nih yaa, supaya nggak makin mager 😀

    Semangat berkarya kak Rikaa 😀

  12. Passion menghasilkan pundi pundi itu rasa happynya lebih dari 3x lipat dari yang bukan passion. Keren Erix soekamti menginspirasi

  13. Walaupun terbatas dari beberapa sisi, Eric Soekamti ini terus semangat ya memberdayakan banyak orang

  14. Dari semua tips yang ada, yang terpenting Just Do it! Lakukan saja dahulu

  15. Saya sudah menemukan dan kengembangkan passion yang akan saya kembangkan. Kira-kira, bakalan mudah atau tidak ya, proses pinjam di Homecredit?
    Kayaknya hanya untu kredit barang ya

  16. Pas giliran saya nonton, eh tips jualan di di sosmed saat pandemi lho. Senang dapat ilmu buat pengusaha kecil yg saat pandemi banyak kena dampak

  17. nah iya, saat plan dan strategy udah ada, just do it ya

  18. Sepakat, kadang terpaksa membuat kita mengeluarkan potensi kita yang kadang tidak kita duga. Yang tadinya males masak malah jadi ahli masak juga ada. Yang penting memang semangat dan berani mencoba.

  19. Aku suka banget yang point 3 mbaaaa bekerja dari hati, rasanya nyesssss pleng yaaa ^^ mengena, klo dah berhasil rasanya gimanaaaa gt

  20. Just Do It ini memang terkadang yang paling susah dilakukan karena terlalu banyak pertimbangan dan alasannya.

  21. melinanesiagmailcom

    Banyak di rumah seharusnya menjadikan kita punya banyak waktu untuk berkreativitas. Wah, ini sih aku rasakan banget. Paling pertama jadi suka masak. Gimana dong, anak-anak bawaannya lapar melulu.

    Terus, berbulan kemudian, aku jadi suka fotografi dan vlogging. Dulu mah mana kepikiran.

  22. Kalau kita pintar memanfaatkan potensi diri, berarti sudah mengenal apa yang menjadi kelebihan pada diri. Dengan begitu menjalankan usaha lebih mengasikkan

  23. Suka banget sama erix soekamti, memang yg namanya kreatifitas itu gak ada batasnya. Apalagi di masa pandemi begini dituntut untuk bs lebih kreatif lagii

  24. Seru banget nonton Fun Talk nya Home Credit ya, rasanya langsung semangat lho dengerin bang Erix cerita tentang pengalaman hidupnya mengejar passion

  25. Bener nih kak,aku stuck mau berkaryq ada mamer dirumah jadi gak bebas.

  26. acara funtalk ini seru banget ya bahasan setiap minggunya. bikin kita lebih semangat lagi untuk tetap berkreasi selama pandemi

  27. Nice sharing Mba, semoga makin banyak yang bisa memaknai Kreativitas Muncul dari Keterbatasan secara luas. Jangan mau kalah dengan covid-19
    dan happy yang bisa ikutan Live fun talk oleh Home Credit, sayang nya saya belum beruntung huhu :3

  28. Tulisan ini sangat menginspirasiku yang lagi mager pool pada masa pandemi gini,

  29. Semoga kita sll semamhat untuk berkarya di masa pndemi ini yaa…

  30. […] Rika Amelina : Cara Berkarya Saat Pandemi […]

  31. Mantan perfeksionis, me too Mom Rika 😀 Memang perlu adaptasi yang luar biasa yaa agar bisa bertaha di masa pandemi. Kita ngga bisa maksain diri maunya begini, begitu, sesuaikan diri dengan keadaan. Pengingat buat diriku nih Mom. Terima kasih buat motivasinya ya Mom Rika. 🙂

    1. Bener banget mom. Sama sama, terima kasih juga udah baca ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *