Rayakan Hari Perempuan Indonesia dengan Bebaskan Langkah, Berani!

Pandemi setahun belakangan memang sangat challenging untuk saya. Saya, yang tadinya seorang wanita karier pun, harus merelakan pekerjaan karena terdampak pandemi ini. Dalam waktu singkat, saya mendadak beralih profesi menjadi full time mom sembari membangun usaha kecil di rumah.

Jujur, momen peralihan tersebut mempengaruhi sisi psikologis saya sebagai seorang istri, ibu, dan pastinya seorang perempuan yang masih ingin terus berdaya. Masa masa rapuh pun terlewati karena saya sadar, mengeluh bukan jalan keluar yang tepat.

Menjadi seorang perempuan yang berdaya bukan berarti harus ke kantor dan memiliki jabatan tertentu. Saya yakin, dengan menjadi ibu rumah tangga yang menjalani bisnis dari rumah pun, saya juga bisa berdaya.

Inspirasi ini saya dapatkan saat mengikuti webinar FWD Insurance pada 8 Maret lalu, tepat saat #RayakanHariPerempuanIndonesia. Lagu Everyday Heroes yang diputar di akhir webinar semakin membuncahkan semangat saya untuk terus berdaya sebagai seorang perempuan.

Inspirasi dari Webinar FWD Insurance saat International Womens Day

Dalam webinar yang berlangsung saat International Womens Day 8 Maret lalu, FWD Insurance mengundang 4 panelis perempuan yang sangat inspiratif. Mereka adalah:

  1. Maika Randini Chief Marketing Officer FWD Insurance
  2. Maria Magdalena Chief Governance Officer dan Direktur Kepatuhan FWD Insurance
  3. Indrayana Agustsaputra Chief Bancassurance Officer FWD Insurance
  4. Carol Mary Quertier Chief of Operations Officer FWD Insurance

Mereka merupakan 4 pemimpin perempuan di jajaran manajemen FWD Insurance. Dalam virtual gathering bersama para rekan media dan blogger ini, #FWDInsurance mengajak para perempuan Indonesia untuk berdaya, apa pun peran dan profesinya.

Tagline #Bebaskan Langkah, Berani! pun membuat saya makin bersemangat karena maknanya yang dalam. Saya sempat merangkum makna Bebaskan Langkah, Berani! menurut 4 narasumber yang sangat inspiratif berikut.

Women Empower Women

Selain mendukung keberagaman dan inklusi bagi perempuan, FWD Insurance pun sangat mendukung adanya Women Empower Women.

Women Empower Women adalah suatu kondisi saat sesama perempuan saling mendukung untuk menjadi perempuan yang berdaya. Ada 2 hal yang bisa dilakukan untuk memulai Women Empower Women ini, yaitu:

1. Mulai dari Diri Sendiri

Di poin terakhir ada Self Leadership yang membuat saya agak tercengang juga karena ini bagus materinya. Jujur saya tertarik dengan materi ini dan tadinya tidak menyadari bahwa self leadership itu bagian dari self love juga.

Saya sengaja merangkum tentang Self Leadership ini untuk dibagikan ke kalian juga. Yuk kita sama sama belajar tentang Self Love dan Self Leadership.

2. Join Komunitas yang Empowerment Kamu

Setelah belajar self love dan self leadership, dukungan antar sesama perempuan juga penting. Di sinilah komunitas perempuan berperan penting dalam men-support para anggotanya untuk saling mendukung agar para perempuan semakin semangat untuk berkarya dan berdaya.

Sebenernya apa sih manfaat join komunitas perempuan? Kira-kira ini manfaatnya yang sudah saya rangkum.

Kalau begitu, sangat menguntungkan dong ya join komunitas? Menurut saya, iya. Asal komunitasnya memiliki environment yang positif dan bisa saling mendukung antar anggotanya.

Peresmian FWD Community Ladies Talk

Kabar baiknya, FWD Insurance meresmikan FWD Community Ladies Talk pada acara Virtual Gathering yang bertepatan dengan Rayakan Hari Perempuan Indonesia pada 8 Maret lalu. Komunitas ini fokus dengan tema Women Empower Women yang dapat menjadi wadah para perempuan untuk saling memberdayakan dan mendukung satu sama lain.

Maika Randini mengatakan bahwa akan ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan di FWD Community Ladies Talk, di antaranya:

  • Workshop
  • Coaching terikait literasi finansial, kesehatan mental, karier dan wirausaha, dll

Mendengar banyaknya kegiatan positif yang akan ada di komunitas ini, saya langsung excited untuk ikut gabung di #FWDCommunityLadiesTalk

Cara Gabung di FWD Community Ladies Talk

  1. Download FWD Max di Play Store (Android) atau App Store (Iphone) atau simply klik link https://bit.ly/downloadFWDMAX/ 
  2. Masuk ke aplikasi
  3. Klik Daftar
  4. Sign In
  5. Klik Tidak jika kamu bukan nasabah/agen FWD
  6. Registrasi
  7. Daftar Komunitas, FWD Community Ladies Talk
  8. Tunggu email konfirmasi dari FWD Insurance

Menurut saya, inovasi FWD Insurance yang turut support para perempuan ini keren dan bisa menjadi contoh yang baik untuk banyak perusahaan di Indonesia. Hal ini karena perempuan itu seharusnya celebrate living serta mengambil kendali penuh atas hidup mereka, baik di rumah maupun di kantor untuk perempuan bekerja.

Jadi, hayuk kita Bebaskan Langkah, Berani! Semangat para perempuan Indonesia!

Baca Juga: Asuransi Kesehatan Online, Mudahkan Para Nasabah di Masa Pandemi

Recommended Articles

18 Comments

  1. Benar sekali, Kak. Apapun profesinya, mau Ibu Rumah Tangga, bekerja di kantoran atau freelance, perempuan tetap bisa berdaya. Saya juga yang full time di rumah saja, sambil menjadi seorang blogger 😊 By the way, acara dari FWD benar-benar inspiring ya, Mbak ❤️

    1. Setuju, di rumah aja juga bisa produktif ya dengan aktif menulis. Semangat ya mbak 🙂 Iyesss, sangat inspiring acara FWD kemarin.

  2. Emang join komunitas itu bikin lebih punya power mbak, selain itu bisa nambah ilmu juga

    1. Bener mbak, jadi bisa lebih percaya diri untuk empower each other juga 🙂

  3. Bener banget nih, meski cuma di rumah aja harus tetep berkarya biar makin produktif

    1. Semangat untuk kita semua 💪

    2. Menjadi perempuan yang berani dan berdaya guna, laku terus berkarya. Mantap, menginspirasi banget acaranya

  4. Keren banget inovasi fwd insurance ini. Aku setuju sm pendapatnya bahwa semua perempuan itu bs berdaya. Mau menghasilkan ataupun tidak, yg penting dia punya keseimbangan antara keluarga n sosial. Plus bs memberdayakan passionnya sendiri.

    1. Yasss, that’s the point mbak 👍 Semoga invovasi FWD Insurance di hari perempuan ini bisa ditiru sama perusahaan lain ya 😁

  5. selamat hari perempuan ya semuanya , gpp telat , semoga kita selalu bisa berkarya dan selalu bisa menginspirasi temen temen semuanya kaya tulisannya ka rika, inspiring bangeut ka aku note self leadership

    1. makasih ya udah baca 🙂

  6. Makasih banyak mom informasinya, aku dulu juga kerja tapi semenjak punya anak bayik resign terus sempet kaya post power syndrom gitu hehe. Alhamdulillah banyak temen komunitas sekarang yang jadi support system

    1. yay, happy to know that mbak. Semoga terus happy dan bisa empower each other di komunitas yah

  7. Nah benar mom, join komunitas, biar bisa makin berkembang.

  8. FWD Women keren ini ya, dukung keberagaman dan inklusi buat kaum perempuan.
    Apalagi sekarang sudah ada wadah komunitasnya ya

    1. Iya, keren ya inovasinya. Mendukung perempuan berkarya 🙂

  9. Keren banget inovasinya FWD ini ya, mendukung para perempuan untuk terus berkarya dan sukses. Semoga semakin banyak perusahaan yang bisa mendukung para perempuan juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *