Ini Dia Pondasi Piramida Keuangan yang Tidak Boleh Terlewat!

Saat ini sudah banyak orang yang tertarik mempelajari tentang keuangan. Literasi keuangan pun mulai berdatangan dari beberapa pakar keuangan, baik melalui webinar ataupun edukasi secara online di sosial media.

Satu hal penting yang seringkali terlewatkan oleh banyak orang adalah Piramida Keuangan yang memiliki 5 tahapan penting:

  1. Cash Flow, Dana Darurat, Pinjaman/Utang
  2. Manajemen Risiko
  3. Tujuan Keuangan
  4. Rencana Pensiun
  5. Distribusi Kekayaan melalui Waris/Hibah
Piramida Keuangan, source: finansialku.com

Dua hal utama sebagai pondasi berada di bagian bawah piramida, yaitu cash flow dan manajemen risiko. Baru baru ini, saya mendapat kesempatan untuk mengikuti webinar yang membahas mengenai pentingnya asuransi kesehatan dan asuransi jiwa untuk melindungi harta benda serta keluarga kita.

Webinar tersebut sebenarnya merupakan bagian dari keseruan acara Virtual Media & Bloggers Gathering dalam rangka FWD Anniversary 29th FWD Insurance.

Virtual Media & Bloggers Gathering via Zoom

Pembicara dalam Virtual Media & Bloggers Gathering FWD Anniversary 29th

Acara gathering ini dihadiri oleh para awak media serta bloggers yang siap menerima literasi keuangan dari para pembicara yang sudah hadir dalam acara webinar kali ini.

Dimoderatori oleh MC Rany Soetanto, acara webinar berlangsung seru. Terlebih para pembicaranya yang keren keren banget, yaitu:

  • Indrayana Agussaputra, Chief of Bancassurance FWD Insurance
  • Melvin Mumpuni, Financial Planner sekaligus pendiri Finansialku.com
  • Mario Iroth, Traveller/ Biker
  • Dee Lestari, Penulis
Pembicara dalam Virtual Media & Bloggers Gathering FWD Anniversary 29th

Dalam acara webinar tersebut, mereka mengungkapkan bagaimana sehat finansial sangat berpengaruh terhadap passion mereka masing-masing.

Mario Iroth contohnya, passion-nya terhadap olahraga ekstrem tentu wajib didukung perlindungan terhadap kesehatan serta jiwanya. Terlebih, seorang kepala rumah tangga juga wajib melindungi keluarganya jika suatu saat hal yang buruk terjadi kepadanya.

Dee Lestari yang kesehariannya berada di rumah dan berkutat dengan tulisan pun setuju bahwa semua pekerjaan wajib terlindung dengan adanya manajemen risiko (asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis).

Melvin Mumpuni menambahkan bahwa saat pandemi seperti ini, masyarakat tidak hanya butuh proteksi dari Covid19, tetapi juga berbagai penyakit kritis yang perawatannya membutuhkan waktu lebih panjang sampai tahunan.

Perkiraan Biaya Pengobatan Penyakit Kritis

Bisa dilihat dari gambar di atas bahwa perawatan berbagai penyakit kritis membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Layaknya peribahasa sedia payung sebelum hujan, sebaiknya kita juga sedia proteksi sebelum sakit.

Proteksi Wajib Kuat Jika Ingin Selamat

Berbagai literasi keuangan yang sudah dicanangkan sana sini ternyata belum mampu menyeluruh kepada semua lapisan masyarakat. Bahkan, banyak masyarakat yang “lompat” dari tahapan 1 ke tahapan 3.

Banyak yang merasa, jika cash flow dan dana darurat keluarga aman, mereka bisa langsung investasi. Padahal, ada tahapan 2 yaitu manajemen risiko yang menyangkut asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi penyakit kritis.

Jika manajemen risiko yang merupakan pondasi keuangan ini terlewat, ada kemungkinan dana darurat beserta investasi pun akan habis karena kejadian tidak terduga. Karenanya, proteksi wajib kuat sehingga dana darurat dan investasi tetap kokoh.

#ProteksiON Lucky Draw FWD Insurance

Tidak hanya mengadakan webinar literasi keuangan, FWD Insurance juga meluncurkan kampanye terbarunya yaitu #ProteksiON Lucky Draw. Kampanye ini juga sejalan dalam rangka anniversary FWD yang ke-29 tahun.

#ProteksiON merupakan kampanye untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk mengaktifkan perlindungan asuransi mereka dengan FWD Insurance sehingga mereka dapat menjalani hidup penuh dengan passion yang selalu ON.

Melalui program tersebut, nasabah berkesempatan memenangkan berbagai hadiah, seperti:

  • paket liburan ke Bali
  • sepeda eksklusif
  • mobil

dengan membeli salah satu atau lebih dari 9 (sembilan) produk asuransi proteksi dari FWD Insurance yang khusus ditawarkan. Kalian bisa lihat produk di gambar di bawah ini.

Pilihan Produk #ProteksiON Lucky Draw

Kita bisa dapatkan 1 hingga 2 nomor undian per Rp 100.000 (seratus ribu Rupiah) premi/kontribusi yang  dibayarkan (berlaku kelipatan), selama periode kegiatan 26 Juli – 31 Desember 2021.

Produk Asuransi FWD

Seiring dengan seringnya saya ikut webinar mengenai pentingnya proteksi diri, saya makin paham bahwa kita harus pilih penyedia layanan asuransi terbaik. Di zaman yang serba digital seperti saat ini, kemudahan memilih asuransi dan kemudahan proses klaim menjadi hal yang utama.

FWD Insurance sebagai salah satu penyedia layanan asuransi bertekad melindungi jutaan nasabah di seluruh Indonesia melalui produk-produknya yang cukup terjangkau. Proses pendaftaran nasabah dan proses klaim yang dapat dilakukan cepat tanpa harus ke luar rumah juga menjadi nilai positif yang dapat menguntungkan para nasabah.

Direktur Utama FWD Insurance Anantharaman Sridharan mengatakan, “Memulai perjalanan  kami menuju 30 tahun melindungi Indonesia, kami menegaskan kembali komitmen kami untuk  mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi dengan menjadikan asuransi lebih mudah  dipahami, mudah dibeli, dan mudah dalam klaim.”

Beliau menambahkan, “rangkaian penawaran proteksi yang kami miliki menunjukkan prioritas kami yang selalu mengutamakan nasabah dalam segala hal yang kami lakukan. Kami berharap kampanye #ProteksiOn Lucky Draw ini dapat menginspirasi masyarakat  untuk semakin sadar pentingnya asuransi, meningkatkan tingkat literasi keuangan mereka  sehingga lebih banyak lagi orang dapat terlindungi.” 

Sekian dulu sharing saya kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa terus belajar mengenai keuangan dan lengkapi diri dengan proteksi yaah mentemen! See you on the next post, bye!

Baca Juga: Sudah Menikah? Wajib Juga Mandiri Secara Finansial!

Recommended Articles

25 Comments

  1. Izin bertanya ibu Rika Amelina, mungkin komentar ini tidak perlu di publish.

    Saya kurang memperhatikan halaman kontak di blog ibu.

    Pertanyaan saya,

    Apakah saya bisa meminta link kembali, atau backlink di artikel ibu https://www.rikaamelina.com/2019/12/14/bayar-paypal-pakai-jenius/ ???

    Jika bisa, kira-kira berapa harga pasang link di artikel tersebut ?

    atigansiringo@gmail.com

    Terima kasih

  2. penting juga nih ya buat yang awam kayak aku ini ngebantu banget untuk urusan keuangan jadi lebih bisa melek tentang finansial

  3. Baru tahu ilmu ini berkat tulisan kakak jadi tahu deh sering-sering nulis kayak gini

  4. seru banget sih kalo ngebahas keuangan gini. dan setuju banget sama mba dee lestari, kalo pekerjaan itu wajib terlindungi. makanya kita butuh banget asuransi ya. menarik juga nih produk Asuransi FWD..

  5. Baru betul-betul mempelajari literasi keuangan itu sekitar 3 tahun lalu setelah menikah. Alhamdulillah pelan-pelan bisa mengatur keuangan sesuai dengan piramida keuangan tadi. Biarpun banyak keinginan yang harus di keep dulu. Wkwk, sekarang prioritasnya keluarga sih ya buka diri sendiri kayak masih single dulu..

  6. Keren banget nasabah punya kesempatan menang hadiah kalau bergabung dengan FWD ^^ biasanya kan agen aja.. mantep nih FWD insurance

  7. Lima tips pramida ini sangat bermanfaat utk kita ketahui bahkan penting sekali dipelajari dan berbicara tentang keuangan tentu asuransi sangat besar manfaatnya bagi kita kedepannya ya kak

  8. Wah tercerahkan kak. Ak kira selama ini cashflow bagus dan ada dana darurat aja cukup.. ternyata proteksi dari asuransi memegang peran penting jg ya

    1. Ibarat sedia payung sebelum hujan, asuransi memiliki manfaat bagi penggunanya untuk keadaan yg tidak terduga ya

  9. Kalau sudah bicara tentang keuangan duh otak puter teruss haha.. btw asuransi memang penting tapi bagaimana mau asuransi kalau dana darurat masih jauh

  10. Penting banget nih edukasi keuangan gini. Apalagi di masa pandemi gini yang butuh dana cadangan untuk bertahan

  11. Tips tipsnya sangat bermanfaat sekali , next akan aku aplikasikan deh ka , entah di keuangan keluarga atau di keuangan usaha aku , tfs ya ka

  12. baca ini jadi keinget kalau keuangan masih amburadul belum tertata rapi seperti ini, terimakasih ilmunya ya

  13. Nah ini nih, masalah keuangan keluargaku, amburadul, secara ga pernah ada pembukuan. Sebenarnya wajib gak ya? Huhuhu susah euy, soalnya wiraswasta, ditambah lg ortu tidak mengajarkan dr awal, PR banget!

  14. betul keuangan harus di planing kayak gini, semoga aku bisa konsisten atur keuangan kayak gini

  15. Aku belom pernah belajar keuangan model piramida ini mba Rika. Hepi banget aku dapet tipsnya semoga bisa kuterapkan sehari-hari

  16. Nah iya bener. Orang2 tuh pada ribut investasi ini itu, padahal dana darurat sama proteksi dirinya juga belum ada.
    Bagus nih program dan komitmen dari FWD insurance. Sangat mengerti kebutuhan masyarakat

    1. Nah iya, padahal proteksi penting banget ya mbak. Bener, FWD bagus sih program programnya ehehe

  17. Asuransi jiwa memang penting bgt sbg warisan utk anak cucu kelak. Saya juga sdh punya asuransi jiwa dan kesehatan.

  18. wah ternyata ada juga yang namanya piramida keuangan gini, baru bgt tau dan bener” membantu sih ini, thankyouu sharingnya kak😍

  19. Berarti dua porsi terbawah Piramida harus mendapatkan perhatian yang lebih besar ya mbak kalau di masa depan ingin safe? Acara seperti inilah yang saat ini lagi aku butuhkan, beruntung mba..bisa ikut event FWD..thanks for sharing..

  20. Asuransi jiwa dan kesehatan memang penting. Kudu punya, alhamdulillah saya dan suami udah punya. Langkah selanjutnya adalah membangun aset nih yg belum hehe

  21. Makasih kak tipsnya, aku yg awam ini jadi dapat input baru untuk lebih mengenal piramida keuangan

  22. Kita memang harus prepare menyiapkan proteksi diri sejak dini ya, tapi harus selektif juga pilih perusahaan asuransi yang sesuai dan mudah diakses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *