Peduli Nutrisi Anak Melalui Kampanye #KejuAsliCheck

Tahukah kalian bahwa tidak semua produk keju cheddar di pasaran berbahan utama keju cheddar?

Bagi yang baru tau, tenang buibu, saya juga baru tau dan mempelajari lebih detail tentang komposisi utama keju ini berkat kampanye #KejuAsliCheck yang digagas oleh KRAFT Indonesia.

Dan ternyata, dari survei yang dilakukan oleh KRAFT, 61% responden yang mayoritas ibu-ibu, tidak mengetahui jika produk keju cheddar yang beredar di pasaran tidak semuanya berbahan utama keju cheddar. Padahal, sebanyak 50% responden mengonsumsi keju 1-7 kali dalam sepekan.

Kenapa ini bisa terjadi? Padahal, mayoritas ibu biasa mengecek label kadaluarsa dan label pangan sebelum membeli kebutuhan harian, termasuk keju cheddar yang merupakan makanan favorit anak.

“Iya, 77% ibu mengaku terbiasa melihat label pangan. Akan tetapi, lebih dari 48% tidak tahu cara membaca susunan komposisi dengan benar.”

Dian Ramadianti – Senior Marketing Manager Keju KRAFT

Kampanye #KejuAsliCheck : Cara KRAFT Ajak Para Ibu Teliti Pilih Keju Cheddar Berkualitas

Siapa sih yang gak suka keju cheddar? Saya sekeluarga sih suka banget, apalagi Kaniya yang memang lagi masa pertumbuhan dan doyan ngemil. Jadi, dia suka request minta dibikinin camilan yang hampir semuanya saya tambahin keju cheddar buat boost nutrisinya.

Sayangnya, sebelum saya disadarkan oleh kampanye #KejuAsliCheck, saya hanya melihat label kadaluarsa dan luput melihat komposisi utama produk yang seharusnya hanya boleh keju cheddar, bukan yang lain.

Kampanye #KejuAsliCheck ini dibuat dengan tujuan mengajak para ibu agar lebih teliti lagi dalam melihat label kemasan plus komposisi utama produk keju yang ada di pasaran. Karena, seperti yang sudah saya sampaikan di atas tadi, sebagian ibu belum tahu cara membaca komposisi pada label dengan benar.

Trus, gimana cara baca komposisi pada label dengan benar?

Berdasarkan peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), komposisi bahan baku pada label pangan diurutkan berdasarkan jumlah, dari kandungan yang tertinggi ke rendah. Karenanya, urutan pertama pada komposisi produk keju cheddar harusnya adalah keju cheddar, bukan air ataupun bahan lainnya.

Contoh urutan pertama pada produk keju cheddar #KejuAsliCheck

Cara Pastikan Produk Keju Sudah #KejuAsliCheck

Semenjak teredukasi dengan kampanye #KejuAsliCheck, saya jadi lebih cermat dalam memilih produk keju untuk Kaniya. Gak mau dong kalo anak kita konsumsi keju yang ternyata bahan utamanya air atau tepung? Membayangkannya saja saya agak ngeri.

Sebenarnya, cara pastikan bahwa produk keju di rumah kalian sudah #KejuAsliCheck hanya ada dua, yaitu:

Keju di rumah kalian sudah #KejuAsliCheck belum?

“Kampanye #KejuAsliCheck dapat diterapkan melalui dua cara mudah, yaitu dengan memastikan keju pada urutan pertama komposisi (bukan air atau tepung) dan memiliki klaim nutrisi pada kemasan,” 

Dian Ramadianti – Senior Marketing Manager Keju KRAFT

Selain memastikan urutan pertama pada komposisi di label produk adalah keju cheddar, penting juga untuk melihat klaim nutrisi yang terdapat pada kemasan. Produk keju cheddar yang berkualitas pasti menyertakan klaim nutrisi karena keju adalah salah satu produk turunan susu yang dapat melengkapi nutrisi harian. 

Klaim Nutrisi KRAFT Cheddar #KejuAsliCheck
Contoh Klaim Nutrisi pada Kemasan Keju Cheddar KRAFT

Jadi, yuk segera cek apakah keju cheddar di rumah kita sudah memenuhi kriteria #KejuAsliCheck?

Pentingnya Pilih #KejuAsliCheck untuk Tumbuh Kembang Anak

Keju adalah produk turunan susu yang sangat digemari oleh mayoritas anak. Rasanya yang gurih dan enak menjadi alasan mengapa anak-anak sangat menyukai makanan atau camilan yang mengandung keju.

Berdasarkan penelitian dari National Library of Medicine, produk olahan susu kaya akan kalsium, termasuk keju cheddar yang terbukti dapat meningkatkan kepadatan tulang anak dan memiliki banyak manfaat lain untuk anak.

“Selain itu, keju cheddar juga bisa berperan sebagai sumber energi yang tinggi kalori agar buah hati bisa terus bergerak dan tidak mudah merasa lelah.” 

Dr. Rita Ramayulis DCN M.Kes – Nutritionist

Karenanya, memilih keju cheddar yang berkualitas sudah sepatutnya dilakukan oleh para ibu. Mengingat manfaat keju cheddar yang sangat baik bagi perkembangan dan nutrisi anak, tentu melihat label komposisi pangan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

KRAFT Cheddar, Keju Enak dan Bergizi Favorit Keluarga

KRAFT Cheddar, #KejuAsliCheck Pilihan Keluarga Saya

Dari kecil, kalo inget keju ya ingetnya KRAFT! Udah terpatri banget lah istilahnya di otak saya kalo mau keju ya belinya KRAFT. Rasa asih gurihnya tuh pas, creamy-nya berasa di lidah saya. Jujur kalau merek lain gak se-creamy keju KRAFT ehehe.

Saat ada kampanye #KejuAsliCheck, saya jadi makin yakin untuk memilih the one and only merek keju yang ada di rumah ya cuma KRAFT. Iyess, KRAFT Cheddar memiliki komposisi utama berupa keju cheddar dan mencantumkan klaim nutrisi pada kemasannya.

Mengapa Pilih KRAFT Cheddar?

Kalau disingkat, mungkin 3 alasan utama saya pilih KRAFT Cheddar sebagai keju pilihan keluarga adalah :

  • Enak
  • Udah pasti bergizi karena mengandung Calcimilk
  • Asli, memenuhi kriteria #KejuAsliCheck

Tapi, kalo boleh menjelaskan dengan lebih detail, okelah yuk kita bahas.

1. Keju Cheddar yang Paling Enak (Menurut Saya Sekeluarga)

Jadi, bahan utama dari KRAFT Cheddar itu merupakan keju cheddar asli New Zealand yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Nah, mungkin ini nih yang bikin kejunya KRAFT jadi enak banget, karena ya yang dipake adalah keju berkualitas.

2. Bergizi Tinggi

KRAFT Cheddar memiliki nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, protein, dan vitamin D. Mengonsumsi KRAFT Cheddar secara rutin setiap hari dapat memenuhi 30% kebutuhan kalsium harian, sumber vitamin D, dan protein.

Nah, ini yang bikin saya makin happy bikin camilan berbahan KRAFT Cheddar untuk dimakan sama Kaniya. Kalsium, vitamin D, dan protein ini penting banget untuk tumbuh kembang anak. 

Mengenai kandungan gizinya, dalam KRAFT Cheddar ukuran 165 gram tercantum bahwa setiap takaran saji 20 gram mengandung 10% kalsium. Hal ini berarti 10% kalsium tersebut sudah memenuhi 30% kebutuhan kalsium harian. WOW, jadi udah beres tuh 30% kebutuhan kalsium dengan mengonsumsi 20 gram KRAFT cheddar!

Informasi Nilai Gizi pada Kemasan KRAFT Cheddar

3. Memenuhi Kriteria #KejuAsliCheck

Kalo ini udah gak usah terlalu dibahas lagi karena udah saya tulis juga di atas bahwa KRAFT Cheddar memiliki komposisi utama berupa keju cheddar dan mencantumkan klaim nutrisi pada kemasannya.

“Pilih keju KRAFT udah paling aman karena sudah memenuhi semua kriteria #KejuAsliCheck, jadi sekeluarga bisa menyantap hidangan berbahan keju cheddar yang enak dan berkualitas.”

Rika Amelina – Ibu Rumah Tangga yang kadang overthinking sama nutrisi anak

Omong-omong soal keju KRAFT, saya lumayan sering bikin camilan yang berbahan KRAFT Cheddar. Seringnya saya jadikan campuran adonan atau topping. Nah, weekend kemarin kebetulan saya lagi agak rajin bikin croffle topping KRAFT Cheddar.

Croffle Topping KRAFT Cheddar, Camilan Viral dan Bergizi untuk Keluarga

Croffle Topping KRAFT Cheddar

Ini beneran enak bangetttt, bukan muji masakan sendiri sih hahhaa tapi tuh balance banget rasanya. Croffle kan manis, ditambah topping keju cheddar yang asin gurih creamy jadi enak banget perpaduannya! Ada yang mau resepnya?

As you wish!

Resep Croffle Topping KRAFT Cheddar

Resep Croffle Topping KRAFT Cheddar

Bahan:

  • 200 ml susu hangat
  • 6 gr ragi
  • 3 sdm gula pasir
  • 290 gr tepung terigu protein tinggi
  • ½ sdt garam
  • 150 gr mentega suhu ruang
  • KRAFT Cheddar, parut secukupnya

Cara Membuat Croffle:

1. Campur ragi, gula, dan susu. Tutup adonan dengan plastic wrap, lalu diamkan selama 5-10 menit. Sisihkan.

2. Pada mangkuk terpisah, masukkan tepung terigu dan garam. Aduk rata. Masukkan campuran adonan pertama, uleni adonan selama lima menit sampai menyatu.

3. Olesi mangkuk dengan sedikit minyak, masukkan adonan yang sudah diuleni. Diamkan selama satu jam.

4. Siapkan alas rata yang luas, taburi tepung terigu. Pipihkan adonan menjadi persegi panjang.

5. Masukkan mentega, oles hingga rata, lalu belah menjadi empat bagian, tumpuk kemudian lipat. Simpan adonan dalam freezer selama 45 menit.

6. Keluarkan adonan dari freezer, pipihkan lagi menjadi 10 bagian lalu bentuk menjadi segitiga dengan bantuan pisau atau pemotong adonan.

7. Ambil adonan, belah bagian tengah bawah. Tarik dan gulung, lakukan sampai semua adonan habis.

8. Diamkan adonan selama 15-20 menit agar mengembang. Olesi dengan air lalu masukkan ke dalam gula.

9. Panaskan cetakan waffle, masukkan adonan croffle, panggang hingga kecokelatan.

10. Setelah adonan agak dingin, taburkan parutan KRAFT Cheddar di atasnya. Selesai!

Sekian sharing saya tentang kampanye #KejuAsliCheck dan resep camilan kekinian menggunakan KRAFT Cheddar, semoga bermanfaat dan see you on the next post!

rikaamelina

A mom who love writing review on blog and social media.

Recommended Articles

11 Comments

  1. Aku selalu milih Kraft karena sejak kecil mama memang selalu beli keju ini mba 😄. Jadi sampe skr, aku selalu beli Kraft juga untuk anak2, Krn memang rasanya aku udah familier dari dulu. Walo skr ada banyak cheddar, dan lebih murah, tetep sih aku milihnya kraft. Anak2 juga doyan bangetttt. Keju memang favorit kami kalo di rumah 😀 . Kayaknya sih makanan apapun kalo diksh keju itu selalu enak2 aja 😁

    1. Bener banget mbak, Kraft emang paling enak ya kejunya. Saya sekeluarga juga konsumsi KRAFT Cheddar ini sudah bertahun-tahun.

  2. Saya suka artikelnya mbak karena dimanjakan dengan visual yang bikin fokus dan penulisan hurufnya besar kecil yang sesuai pada tempatnya. Fokus pembahasannya juga lengkap, memang ya kraff selalu jadi pilihan setiapbkeluarga, martabak yang dijual aja kalau pakai kejunya beda rasanya kurang enak. Sukses selalu mbak.

    1. Terima kasih banyak mbak. Alhamdulillah kalo blog beserta isinya memanjakan mata. Terima kasih sudah mampir 😍

  3. Selain anak-anak, orang dewasa juga suka keju :D.

    Keju Kraft enak banget dan bergizi karena mengandung kalsium, protein, dan vitamin. Lengkap! Bisa juga untuk nambah tenaga anak, pula. Cocok untuk mereka yg masih masa pertumbuhan.

    1. Betul mbak, KRAFT Cheddar camilan sekeluarga dr yang kecil sampe emak bapaknya

  4. resep crofflenya mantap mba.. saya contek yaa

  5. Setuju banget mbak. Keju cheddar KRAFT yang paling enak,, hehe.. Udah enak, bergizi juga. Lengkap banget.

  6. Saya udah pernah coba segala macam merek keju, tergiur dengan harganya yang lebih murah. Balik lagi, kalau pingin rasa dan kualitasn ya, KRAFT.

  7. Kebetulan lagi cari-cari info cara buat Croffle. Akhirnya nemu di sini. Thanks bunda Rika Amelina buat kreasi Crofflenya. Pasti lebih lezat dan bernutrisi klo ditambahin keju Cheddar Kraft ya.

  8. Kalau KRAFT Cheddar memang mba, Aku dari dulu suka banget kalau bikin roti sandwich pakai Keju. Kalau pakai Kraft Cheddar jadi lebih nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *