Cireng Nasi Kobe, Camilan Praktis & Ekonomis!

Cireng Nasi Kobe

Cireng Nasi Kobe – Siapa yang suka cireng nasi? Kalau ditanya gini pasti saya sekeluarga akan angkat tangan ahaha. Selain karena rasanya yang enak, cireng nasi ini camilan yang ekonomis karena bisa memanfaatkan nasi sisa semalam yang teronggok di rice cooker.

Sebagai mamak mamak dengan prinsip hemat, membuang nasi  is a big no. Nah, biasanya saya suka memanfaatkan nasi sisa menjadi camilan cireng kesukaan keluarga.

Kalau dulu, saya agak ribet membuat cireng nasi karena harus mencampur tepung dan bumbu terlebih dahulu. Alhamdulillah sekarang jadi lebih praktis karena ada Kobe Tepung Bumbu Putih yang tinggal dicampur aja ke nasi dan daun bawang.

Cireng Nasi Kobe
Bahan Cireng Nasi Kobe

Voila, dengan mencampur 3 bahan utama + air, udah tinggal digoreng cirengnya! Ok deh, gak pake berlama-lama, kita langsung aja cuss ke detail resep cireng nasi kobe yuk!

Resep Cireng Nasi Kobe dengan Cocolan Bumbu Rujak

Sekarang buibu gak perlu khawatir lagi kalo ada nasi sisa tapi sayang banget mau dibuang. Mending dijadiin camilan lezat dan praktis kayak Cireng Nasi Kobe ini. Ini saya kasih resep cireng nasi beserta cocolan bumbu rujak yang dijamin laris manis dimakan sekeluarga.

Resep Cireng Nasi Kobe

Cireng Nasi Kobe
Resep Cireng Nasi Kobe

Bahan Cireng Nasi Kobe

  • 200 gram nasi putih
  • 100 ml air
  • 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih (75 gram)
  • Daun bawang secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Cireng Nasi Kobe

  • Aduk nasi dan air dalam sebuah wadah. Masukkan Kobe Tepung Bumbu Putih dan daun bawang. Aduk hingga tercampur rata.
  • Panaskan minyak dalam wajan. Ambil ½ sendok makan adonan, goreng hingga kuning keemasan.
  • Cireng Nasi Kobe siap disajikan.

Resep Bumbu Rujak

Cireng Nasi Kobe
Resep Bumbu Rujak

Bahan Bumbu Rujak

  • 1 sdm kacang tanah yang sudah digoreng
  • 100 gram gula merah atau sesuai selera
  • Terasi secukupnya
  • 50 ml air hangat
  • 1 sdm air asem jawa
  • 1 sachet BonCabe level 10 Rasa Original

Cara Membuat Bumbu Rujak

  • Haluskan kacang tanah, gula merah, terasi, dan air hangat.
  • Tuang BonCabe level 10 Rasa Original dan campurkan dengan air asem jawa. Aduk semuanya hingga merata.
  • Bumbu rujak siap dijadikan cocolan untuk Cireng Nasi Kobe

***

Gimana gimana? Mudah kan buatnya? Kalo menurut saya resep ini benar-benar praktis dan ekonomis sih! Oiya, kalian bisa lihat resep lain di dapurkobe.co.id ya, dijamin dapur ngebul terus karena mamak jadi rajin masak ya kan ahaha.

Tepung Bumbu Putih Kobe, Bikin Masak Tambah Praktis!

Omong-omong soal Dapur Kobe, udah pada tau kan kalo Kobe Ahlinya Tepung Bumbu! Nah, Tepung Bumbu Putih ini varian baru dari Kobe yang memiliki formula baru. Tekstur tepung bumbu putih ini berbentuk kristal dengan butiran tepung renyah sehingga menghasilkan lapisan gorengan yang lebih tebal dan krispi.

Keunggulan Tepung Bumbu Putih Kobe

Tepung Bumbu Putih Kobe
Keunggulan Tepung Bumbu Putih Kobe

Ada beberapa keunggulan Kobe Tepung Bumbu Putih, yaitu:

  1. Hasil lapisan gorengan lebih krispi dan lebih tebal karena butiran tepung kristal Kobe Tepung Bumbu Putih.
  2. Menjadikan tekstur gorengan lebih garing dan renyah dalam jangka waktu yang lebih lama.
  3. Mengandung tepung tapioka sehingga dapat membuat masakan lebih kental dan juicy jika dijadikan sebagai campuran bahan.
  4. Gluten free, tanpa pengawet dan tanpa pewarna buatan.

Review Cireng Nasi dengan Kobe Tepung Bumbu Putih

Pertama kali coba membuat Cireng Nasi Kobe, saya sangat senang karena sangat praktis, saya membuat camilan ini kurang dari 20 menit dan sudah siap disajikan. Cocok banget untuk ibu bekerja atau ibu rumah tangga yang sibuk dengan segudang aktivitas tapi tetap mau masak camilan untuk keluarga tercinta.

Cireng Nasi Kobe
Cireng Nasi Kobe

Dari segi tekstur, cireng terasa renyah dan garing sesuai klaim Kobe Tepung Bumbu Putih. Biasanya tekstur renyah hanya bertahan beberapa menit setelah digoreng, tetapi saat pakai Kobe Tepung Bumbu Putih ini, cireng buatan saya bertahan renyah hingga beberapa jam ke depan.

Dari segi rasa, saya tipe yang tidak terlalu suka asin sehingga kadang saya lebih suka membumbui sendiri masakan dibanding memakai tepung bumbu.

Namun, Kobe Tepung Bumbu Putih ini sudah dibumbui dengan baik dan ringan sehingga cocok dengan selera saya dan keluarga. Apalagi dicocol dengan bumbu rujak yang resepnya juga sudah saya bagikan di atas. Beuh, maknyus banget rasanya!

Dari segi waktu dan proses masak, serius sih ini praktis dan gampang banget jadi cuma butuh waktu sebentar untuk proses masaknya. Gak ribet cuci-cuci banyak peralatan masak juga karena cuma butuh baskom untuk mencampur adonan dan satu wajan untuk menggoreng.

Dari segi harga, jelas hemat! Bahan cuma dari nasi sisa di rice cooker, daun bawang metik di teras, dan tepung bumbu putih kobe yang ekonomis banget. Bisa dibeli di minimarket terdekat dengan harga under Rp 10.000. Bahkan, kemarin saya beli dengan harga Rp 4.000 saja karena lagi diskon. Uhuy, langsung nyetok banyak buat bikin camilan lain juga.

Iya, jadi selain cireng nasi, Kobe Tepung Bumbu Putih ini juga bisa dibuat camilan lain seperti aci telor, bola tahu aci pedas, bakso aci, cilok goreng krispi, sampai tahu kriuk. Kalian bisa lihat resepnya di Dapur Kobe ya!

Back to review, jadi total nilai untuk Cireng Nasi Kobe : 9/10! Yes, saya dan keluarga suka banget tekstur dan rasa Cireng Nasi Kobe. Gak sabar untuk recook resep-resep lainnya pake Kobe Tepung Bumbu Putih ini!

***

Ok deh, sekian dulu sharing resep dan review saya tentang Cireng Nasi Kobe. Semoga bermanfaat dan selamat recook ya! Thank you udah baca dan see you on the next post!

rikaamelina

A mom who love writing review on blog and social media.

Recommended Articles

8 Comments

  1. berarti tepung kobe serbaguna ya dipakai apa saja bisa ya

    1. Iya mbak, ini tepung bumbu putih Kobe bisa buat campuran bahan berbagai camilan favorit keluarga

      1. Baru kemarin masak cireng nasi dong. Jadi pengen coba kalau pakai Kobe tepung putih pastinya mantap djiwa lezat juara deh

  2. wah buat apa aja bisa ya ini ternyata dari nasi pun bisa mau coba juga ah

    1. Bener, simple banget resep cireng nasi kobe ini. Cuss coba mbak

  3. Simpel banget aku mau coba ah. Hahaha. Makasih resepnya mbak..

  4. Salah satu menu simple yg pengen banget dicoba. Apalagi buat takjil berbuka puasa, sepertinya enak banget 🥰🥰🥰

  5. Duuuuh pengeeeen 🤤🤤. Aku tuh suka cireng mba, tapi kalo cireng nasi belum pernah coba. Penasaran. Dan bumbu Kobe putih ini baru tahu. Biasanya beli bumbu nasi goreng atau yg ayam goreng nya. Ntr mau cari deh, lumayan buat bikin takjil 😄

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *