Boncos Pas Imlek? Yuk Cek Tips Hemat Saat Imlek Ini!

Tips Hemat Saat Tahun Baru Imlek

Belum lama ini Tahun Baru Imlek berlangsung dan saya punya pengalaman menarik untuk dibagikan. FYI, saya bukan keturunan Tionghoa, jadi tidak begitu familiar dengan tradisi saat Imlek.

Yang saya tau, setiap Imlek itu hampir pasti hujan. Hujan saat Imlek dianggap sebagai sebuah keberuntungan. Oiya, selain hujan, Tahun Baru Imlek juga identik dengan angpao, barongsai, serba merah, dan buah jeruk.

Pasti Boros Saat Imlek Tiba?

Meski tidak merayakan Imlek, saya punya teman dekat keturunan Tionghoa yang selalu merayakan Imlek setiap tahunnya. Dia (sebut saja Meimei) sebetulnya sedih karena sudah dua tahun belakangan ini tidak melihat barongsai tampil saat Tahun Baru Imlek.

Barongsai biasa tampil di mal atau tempat umum saat menjelang Tahun Baru Imlek. Saat masa pandemi, Meimei sangat mengurangi pergi ke tempat umum, terlebih saat hari libur seperti Imlek. Alhasil, dia tidak bisa melihat pertunjukan Barongsai yang sangat disukainya.

Namun, ternyata masa pandemi tidak membuat budget Imlek Meimei menyusut. Dia mengaku bahwa setiap Tahun Baru Imlek tiba, hampir pasti dia menguras tabungannya untuk merayakan Imlek.

Karena penasaran, saya pun bertanya, “Mengapa bisa boros?” Padahal sedang masa pandemi dan bisa dipastikan tidak akan belanja di mal sebanyak momen Imlek seperti sebelum pandemi.

Meimei bilang pengeluaran terbesarnya ada di bagi-bagi angpao, beli baju Imlek baru, dan beli bahan makanan/makanan jadi dalam jumlah banyak untuk dimakan saat Imlek.

Solusi Hemat Saat Imlek Tiba

Mendengar Meimei cukup boros saat Imlek dan dia terlihat menyesal, saya pun tergerak untuk riset tentang tips hemat saat tahun baru Imlek. Dan setelah mengumpulkan dari berbagai sumber, saya menyimpulkan 4 Tips Hemat Saat Tahun Baru Imlek berikut.

1. Memberi Angpao Sesuai Budget

Tips Hemat Imlek Budgeting Angpao
Tips Hemat Saat Imlek – Angpao Sesuai Budget

Angpao saat Imlek ibarat ketupat saat lebaran yang notabene wajib ada. Saat Imlek, angpao diberikan dari orang dewasa ke anak-anak atau orang yang sudah menikah ke orang yang belum menikah sebagai doa dan tanda kasih sayang.

Nominal uang pada angpao saat Imlek sebenarnya tidak ada acuan resmi. Karenanya memberikan angpao sesuai budget bisa menjadi solusi hemat yang ampuh jika diatur dengan cermat.

Berikut tips pemberian angpao saat Imlek agar tetap hemat.

  • Batasi jumlah angpao yang akan kamu berikan.
  • Tentukan nominal per angpao sedari awal.
  • Hanya beri angpao kepada saudara inti/saudara dekat yang belum menikah.
  • Buat cadangan angpao dengan nominal yang lebih sedikit untuk jaga-jaga apabila ada saudara yang lupa tercatat.

2. Makan Bersama di Rumah

Tips Hemat Imlek - Makan di Rumah
Tips Hemat Saat Imlek – Makan di Rumah

Imlek identik dengan makan besar bersama keluarga. Momen makan saat Imlek seringkali diadakan di hotel atau restoran agar lebih simple untuk setiap anggota keluarga.

Namun, makan bersama di rumah juga tidak kalah menyenangkan. Apalagi masa pandemi seperti ini, tentu akan lebih aman dan nyaman jika makan bersama di rumah.

Untuk menghemat budget, berikut tips makan bersama di rumah saat Imlek.

  • Utamakan menu wajib seperti mie panjang umur, ikan bandeng utuh, dan sayuran khas imlek yang merupakan simbol dari pengharapan agar keberuntungan tidak pernah habis.
  • Pastikan jumlah orang yang akan makan agar bisa belanja bahan makanan secukupnya.
  • Jangan lupakan makanan yang mungkin dibawa oleh sanak saudara ke rumah, jadi jangan terlalu berlebihan dalam memasak.
  • Fokus pada tujuan makan bersama saat Imlek yaitu mengikat, mempersatukan, dan mempererat hubungan antar keluarga, jadi bukan banyaknya makanan yang seringkali tidak habis di akhir acara.

3. Berburu Diskon Saat Imlek

Tips Hemat Imlek - Manfaatkan Diskon
Tips Hemat Saat Imlek – Manfaatkan Diskon

Meimei mengaku bahwa hampir setiap Imlek, dia dan keluarganya belanja baru baru dengan nuansa merah untuk dipakai saat makan bersama keluarga besar. Warna merah pada perayaan Imlek memiliki simbol ‘pengharapan’ di tahun yang baru, agar semua kesedihan akan tergantikan dengan kebahagiaan. 

Namun, belanja baju baru ini menjadi salah satu penyebab kebocoran budget saat Tahun Baru Imlek tiba. Untuk menghemat budget baju baru saat Imlek, manfaatkan setiap diskon di marketplace atau website fashion.

Tidak hanya pakaian saja yang menawarkan promo  pada saat Imlek, salah satu perusahaan asuransi jiwa berbasis digital FWD Insurance juga menawarkan Diskon 30% dari periode 25 – 31 Januari 2022 untuk  pembelian/kepesertaan premi tahun pertama produk Asuransi Bebas Handal, FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, & Bebas Aksi (tidak termasuk Bebas Aksi Flash) dengan menggunakan kode promo di website FWD

Saat berbelanja, meskipun diskon, pastikan kalian tetap benar-benar butuh barang tersebut ya. Kalau asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sudah pasti wajib harus dan butuh ya kan karena itu adalah salah satu dasar dari piramida keuangan. Think smart dalam berbelanja ya semuanya! 

4. Menyesuaikan Gaya Hidup

Tips Hemat Imlek - Sesuaikan Gaya Hidup
Tips Hemat Saat Imlek – Sesuaikan Gaya Hidup

Ada hal menarik yang saya temukan di sini, berdasarkan artikel yang dilansir dari National Geographic, gaya hidup orang Tionghoa cenderung simple atau sederhana. Hal ini terlihat dari cara mereka memasak hingga mengonsumsi makanan di rumah. Mereka prefer menggunakan uang untuk ditabung atau digunakan menjadi modal usaha.

Hal ini selaras dengan yang dikatakan oleh Dr. Maoshing Ni:

“Kesederhanaan membawa kepuasan dan semua hal akan tumbuh dengan baik”

Dr. Maoshing  Ni

Dari hal tersebut kita bisa belajar bahwa penting untuk menyesuaikan gaya hidup dengan kondisi finansial kita. Meski sedang merayakan tahun baru Imlek, kita harus tetap on budget agar tabungan kita tidak terganggu dan menyesal pada akhirnya.

Jadi, penting untuk mempersiapkan budget sebelum perayaan-perayaan besar seperti Imlek ini ya teman-teman! Oiya, ini konten rangkuman Tips Hemat Saat Tahun Baru Imlek yang sudah saya rangkum. Semoga bermanfaat!

Tips Hemat Saat Tahun Baru Imlek
4 Tips Hemat Saat Tahun Baru Imlek

Akhir kata, semoga Meimei tahun depan lebih bisa mengatur budget Tahun Baru Imlek dengan lebih baik dan semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua. Terima kasih sudah baca dan see you on the next post!

rikaamelina

A mom who love writing review on blog and social media.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *